Just another WordPress.com weblog

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

SEKOLAH : SMA NEGERI 1 MOGA
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : X
SEMESTER : 1
TAHUN PELAJARAN : 2007/2008

A. STANDAR KOMPETENSI :
Mendengarkan : Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung

B. KOMPETENSI DASAR :
Menanggapi siaran atau informasi dari media elektronik (berita dan nonberita)

C. MATERI PEMBELAJARAN :
Siaran (langsung) dari radio/ televisi, teks yang dibacakan, atau rekaman berita/ nonberita
• Pokok-pokok isi berita
• penangapan isi berita

D. INDIKATOR :
• Menuliskan isi siaran radio/ televisi da¬lam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
• Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis secara runtut dan jelas
• Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat)

E. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
• Menuliskan isi siaran radio/ televisi dengan topik tertentu da¬lam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
• Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis secara runtut dan jelas.
• Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat)
• Menanggapi berita dengan menggunakan alasan dan bahasa yang rasional dan logis.

F. METODE PEMBELAJARAN :
 Penugasan
 Diskusi
 Tanya Jawab
 Unjuk kerja
 Ceramah
 Demonstrasi

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal :
 Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.
 Membentuk kelompok diskusi

Kegiatan Inti :
• Mendengarkan berita tentang bencana alam ( Misal: semburan lumpur panas Lampindo-Porong-Sidoharjo, pascagempa dan tsunami Aceh)
• Menuliskan isi berita dalam beberapa kalimat
• Menyampaikan secara lisan isi berita secara bergantian
• Mendiskusikan isi berita

Kegiatan Akhir :
 Refleksi
 Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

H. ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit

I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
• radio/ tape
• televisi

• CD salinan berita atau kaset rekaman

J. PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
 tugas individu
 ulangan

Bentuk Instrumen:
 uraian bebas
 pilihan ganda
 jawaban singkat

Mengetahui, Sukoharjo, 01 Juni 2007
Kepala MA PPMI Assalaam Guru Mata Pelajaran,

Sigit Rahardja,S.Si Drs. Wisnu Sujianto

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor 2

SEKOLAH : MA PPMI Assalaam – Sukoharjo
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : X
SEMESTER : 1
TAHUN PELAJARAN : 2007/2008

A. STANDAR KOMPETENSI :
Mendengarkan : Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung

B. KOMPETENSI DASAR :
Mengidentifikasi unsur sastra (intrinsik dan ekstrinsik) suatu cerita yang disampaikan secara langsung atau melalui rekam¬an

C. MATERI PEMBELAJARAN :
Rekaman cerita, tuturan langsung (kaset, CD, buku cerita)
• unsur intrinsik (tema, alur, konflik, penokohan, sudut pandang, dan amanat)
• unsur ekstrinsik (agama, politik, sejarah, budaya)

D. INDIKATOR :
• Menyampaikan unsur-unsur ekstrinsik (nilai moral,kebudayaan, agama, dll.).
• Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman.
• Menyampaikan unsur-unsur intrinsik ( tema, penokohan, konflik, amanat, dll.).
• Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman.

E. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
• Menyampaikan unsur-unsur intrinsik ( tema, penokohan, konflik, amanat, dll.) yang terkandung di dalam cerita yang disajikan disertai contoh kutipannya.
• Menyampaikan unsur-unsur ekstrinsik (nilai moral,kebudayaan, agama, dll.) yang terkandung di dalam cerita yang disajikan disertai contoh kutipannya.
• Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman dengan menggunakan bahasa yang santun dan efektif.

F. METODE PEMBELAJARAN :
 Penugasan
 Diskusi
 Tanya Jawab
 Unjuk kerja
 Ceramah
 Demonstrasi

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal :
 Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti :
• Mendengarkan cerita daerah tertentu (Misalnya: Si Kabayan, Roro Jonggrang, Malin Kundang)*
• Mengidentifikasi unsur intrinsik dan ekstrinsik
• Menyampaikan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik
• Diskusi dan tanya jawab

Kegiatan Akhir :
 Refleksi
 Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

H. ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit

I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
Buku cerita/kaset
LKS : Tim. Bahasa Indonesia SMA X. Sukoharjo: Pustaka Firdaus.
Buku pendamping: Syamsuddin A.R. Kompetensi Berbahasa dan Sastra Indonesia Kelas X. Surakarta: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri. 2006.

J. PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
 tugas individu
 ulangan

Bentuk Instrumen:
 uraian bebas
 pilihan ganda
 jawaban singkat

Mengetahui,                                                                                                                      Moga, 08 Juni 2010
Dosen Pembimbing                                                                                                        Mahasiswa Pratikan

Drs. Murywantobroto                                                                                                     Diyat Saputra

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: